Ashoka (2001)

Ashoka (2001) adalah Film India drama sejarah, film yang disutradarai dan co-ditulis oleh Santosh Sivan . Ini adalah versi di dramatisasi dari kehidupan awal kaisar Asoka , dari dinasti Maurya , yang memerintah sebagian besar benua India di SM abad ke-3.Bintang film Shah Rukh Khan , Kareena Kapoor , Ajith Kumar (dalam debut Hindi dan tetap satu-satunya film Hindi ia telah bekerja), Danny Denzongpa dan Hrishita Bhatt . Hal ini dihasilkan oleh Shah Rukh Khan , Juhi Chawla dan Radhika SANGOI. Skenarionya ditulis oleh Santosh Sivan dan Saket Chaudhary dan dialog dengan Abbas Tyrewala . Ini pada awalnya dirilis sebagai Ashoka The Great di India. Tamil rilis judul Samrat Ashoka.Film ini secara luas diputar di seluruh Britania Raya dan Amerika Utara, dan juga terpilih untuk screening di Festival Film Venice dan Festival Film Internasional Toronto , di mana ia mendapat respon positif. [2] Namun, film itu crtically diakui dan dilakukan morderately di box office.
Film ini mengisahkan bagian awal dari kehidupan Kaisar Asoka. Ini dimulai dengan karirnya sebagai General di Takshashila (modern Punjab ) dan berakhir dengan penaklukan berdarah negara Kalinga (modern Odisha Negara )

Kaisar Chandragupta Maurya , kakek dari Asoka, kekaisaran Maurya, telah memutuskan untuk merangkul Jainisme dan melepaskan takhta kekaisaran mendukung anaknya Bindusara. Tapi cucunya, Pangeran Asoka , mengklaim pedangnya. Kaisar tua menjelaskan bahwa pedang ini jahat dan pedang menuntut darah dan kehancuran.

Beberapa tahun kemudian, Pangeran Asoka Maurya ( Shah Rukh Khan ), sekarang seorang pemuda pemberani, sedang berjuang melawan kepala pemberontak dari Taxila untuk Kaisar dan ayahnya. Ia tokoh yang tuanya setengah-saudara Susima Maurya ( Ajith Kumar ), yang juga memiliki mata di atas takhta kekaisaran, telah sengaja dipotong bala bantuan dari tiba, tapi mengalahkan musuh tetap. Asoka kembali ke ibukota menang dan menghadapkan Susima. Kemudian, Susima mencoba untuk membunuh Asoka sementara dia mandi. Pertarungan antara pangeran membuat Kaisar bahagia dan ia memerintahkan Empress Dharma ( Subhashini Ali ) untuk mengontrol anaknya Asoka. Dia memaksa Asoka untuk sementara meninggalkan ibukota untuk memimpin kehidupan seorang manusia biasa. Pangeran kecewa tapi daun tetap.

Asoka, sendirian dan menyamar sebagai wisatawan biasa, naik ke selatan. Dalam perjalanannya, ia bertemu seorang gadis cantik, Kaurwaki ( Kareena Kapoor ) dan jatuh cinta padanya. Dia juga mengembangkan hubungan yang baik dengan adiknya Arya. Mereka lari dari Kerajaan Kalingga bersama dengan pelindung setia mereka Bheema ( Rahul Dev ) dan sedang dikejar oleh tentara Kerajaan. Setelah menyelamatkan hidup mereka, Asoka memperkenalkan dirinya sebagai Pawan, menyembunyikan identitas aslinya. Kaurwaki dan Arya adalah Putri dan Pangeran Kalinga, yang melarikan diri dari kerajaan mereka ketika Perdana Menteri dibunuh orang tua mereka dan mengambil alih kekuasaan. Kemudian, Asoka dan Kaurwaki mendapatkan diam-diam menikah.
Download Filmnya disini :

Para Pemain
Banyak karakter di film ini adalah versi fiksi dari tokoh-tokoh sejarah:
Shahrukh Khan sebagai Asoka Maurya / Pawan
Kareena Kapoor sebagai putri Kaurwaki
Ajith Kumar sebagai Susima Maurya
Danny Denzongpa sebagai Virat (fiksi)
Rahul Dev sebagai Bheem (fiksi)
Hrishita Bhatt sebagai permaisuri Devi (istri Ashoka)
Gerson Da Cunha sebagai kaisar Bindusara
Subhashini Ali sebagai permaisuri Dharma
Umesh Mehra sebagai kaisar Chandragupta Maurya
Sooraj Balaji sebagai pangeran Arya (fiksi)
Johnny Lever sebagai Maurya tentara
Raghuvir Yadav sebagai Maurya tentara
Suresh Menon sebagai Maurya tentara
Shilpa Mehta sebagai ibu Susima ini
Vineet Sharma sebagai Sugatra
Vivek Sharma sebagai Sugidha
CL Gurnani sebagai Pandit
Madhu Varshitt sebagai Vitashoka
Mithilesh Chaturvedi sebagai Kalinga perdana menteri
Shweta Menon sebagai Nandaneshwari, penjual bunga (fiksi)
Gayatri Jayaraman di nomor item
Karan Dewani muda Asoka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
loading...